Tuesday, March 27, 2012

Tips Ini Itu untuk Dapur Cerdas (3)

Hari ini, saya berhasil menyempatkan diri meluncur di website aunty martha. Alhasil, mari kita simak beberapa tips dapur cerdas ala aunty Martha berikut ini :)

Untuk seri tips dapur no. 1, klik disini.
Untuk seri tips dapur no. 2, klik disini.


1. Cepat mengupas kiwi  - Quick way to peel kiwi


Potong kedua ujung kiwi. Gunakan sendok untuk mengupas dengan menyelipkan sendok di antara kulit dan daging kiwi dengan gerakan melingkar.

Cut the ends of the kiwi. Use a spoon to peel it off by inserting the spoon between the skin and the flesh of the kiwi and keep on circling it with the spoon.














2. Cara menyimpan kaldu sisa - How to keep leftover stock


Bekukan kaldu di freezer dengan menggunakan cetakan. Setelah beku, keluarkan dari cetakan dan masukkan ke dalam plastik, beri tanggal. Lalu, bekukan kembali di freezer. Saat dibutuhkan, tinggal dikeluarkan dari lemari es.

Sebaiknya, 1 plastik berisi untuk keperluan sekali masak saja untuk menghindari buka tutup plastik.


Ladle the leftover stock into muffin tins and place them in the freezer. After the stock is frozen, pop the portions out of the tin; store them in resealable freezer bags and label them with the date










3. Cara cepat mengupas jahe - Easy ginger peeling

Keruk kulit jahe dengan sendok. Kulit jahe pun akan gampang terkelupas.

Peel off the ginger skin using a spoon.












4. Cara cepat mencairkan mentega beku - Quick way to de-freeze frozen butter


Menunggu mentega beku menjadi lunak bisa memakan waktu lama. Untuk mempercepat melunakkan mentega beku menjadi bersuhu ruang, parut kasar mentega yang beku. Mentega pun akan cepat menjadi lunak.

De-freezing frozen butter can take forever. To save time, grate the frozen butter. It will get soft quicker.












5. Penahan mangkuk - Bowl holder



Kadang-kadang kita harus menambahkan bumbu atau bahan lain ke dalam kocokan sambil mengaduk bahan. Sementara tangan kanan sibuk mengaduk dan tangan kiri sibuk menuang, rasanya ingin punya tangan ketiga untuk menahan mangkuk agar tidak bergerak.

Caranya bungkus bagian bawah mangkuk dengan handuk basah. Mangkuk pun tidak akan sibuk bergerak.


Whipping up vinaigrette can make you wish you had three hands -- one to whisk, one to pour the oil, and one to hold the bowl steady. A damp kitchen towel can do the trick. Just twist the towel securely around the base of the bowl to keep it in place.






6. Cara cerdas menarut mozzarella - Easy grating



Mozzarella adalah keju lunak dan sukar untuk diparut atau dipotong. Agar lebih mudah diparut, bekukan mozarella yang dibungkus dengan plastik ke dalam freezer selama 20 menit. Lalu parut seperti biasa.

Mozzarella is difficult to grate -- unless you freeze it first. Wrap a block of mozzarella in plastic wrap, and freeze for at least 20 minutes; then grate.












7. Ciptakan 'godaan' untuk menyantap snack sehat alias buahan - Create a temptation for healthy snack aka fruits 

Untuk membuat keluarga lebih suka menyantap buah, selalu sediakan buah yang sudah siap dimakan di dalam kulkas. Isi wadah buah dengan beragam buahan. Simpan di dalam kulkas dengan menumpungkan wadah-wadah kerap udara di bagian terluar kulkas.

Melihat tumpukan buah yang siap dimakan seperti ini, pasti akan menggoda keluarga lebih rajin menyantap buah-buahan.


Make it a ready-to-eat snack for the family so that they will be more eager to have fruits. Keep various fruits in a container. Stack the containers and place them on the front row of the fridge to make it easier for the family to grab and get it.




Semoga bermanfaat untuk readers dan keluarga tercinta :)
Hope the tips will be useful for you and your beloved family :)


Salam hangat,
Irene

source:
www.marthastewart.com

No comments: