Tuesday, March 27, 2012

Tips Ini Itu untuk Dapur Cerdas (1)

Saya hobi mengumpulkan tips dapur dari tabloid-tabloid kuliner. Tapi, mengumpulkan informasi dalam bentuk kertas kurang baik karena kertas akan lekas usang dan kurang praktis. Untuk mengatasi masalah itu, aku pun jadi terinspirasi untuk menuangkan tips praktis dapur ke Irene Natalia's Notes blog dengan memulai serial "Tips Ini Itu untuk Dapur Cerdas". 

Berikut kumpulan tips praktis dapur yang saya kumpulkan dari beberapa tabloid.
Apabila ada readers yang sudah pernah mempraktikkan beberapa tips ini, boleh banget loh meninggalkan comments untuk berbagi pengalaman dengan readers lainnya.


1. Menyimpan sayuran dalam kulkas

Bila sayuran tidak segera dimasak, bungkus dengan kertas koran (pilih koran yang tidak luntur tinta). Jangan cuci sayuran sebelum disimpan di kulkas karena sayuran bisa lekas membusuk. Simpan bungkusan sayuran di dalam vegetable box. Cuci bila akan dimasak. Cara ini dapat mencegah sayuran menjadi layu dan kering.





2. Agar kacang merah tidak bertunas

Kacang merah yang segar sangat cepat bertunas. Setelah dibeli, segera cuci bersih kacang merah lalu rendam dalam air yang diberi garam (1sdt garam untuk 100gr kacang merah). Rendam kacang merah selama 1 jam, kemudian bilas hingga bersih dan diamkan hingga kering. Setelah kering, simpan dalam wadah kedap udara. Kacang merah akan awet hingga 5 hari dalam kulkas. Jangan simpan dalam kantong plastik atau dibungkus kertas.



3. Agar kembang kol dan brokoli tetap cantik setelah dimasak

Kembang kol akan tetap putih jika ditambahkan perasan air jeruk lemon ke dalam air ketika direbus. Dan, untuk brokoli, akan terlihat hijau jika direndam sebentar dalam air dingin sebelum direbus.










4. Mendapatkan santan kelapa yang banyak

Untuk memperoleh santan yang banyak dan putih bersih, pilih kelapa yang sedang (tidak terlalu muda atau terlalu tua). Lalu, peras kelapa parut (kupas kulit) dengan air hangat.










5. Menyimpan santan dengan baik

Rebus santan dan terus diaduk hingga mendidih agar santan tidak pecah. Tambahkan sedikit garam. Lalu dinginkan. Taruh dalam plastik dan simpan dalam freezer. Santan akan bertahan hingga 1 bulan. Bila tidak ditambahkan garam, akan bertahan hingga 2 hari saja.






6. Menghilangkan amis pada telur

Rendam telur dalam air yang diberi kapur sirih beberapa saat sebelum diolah.









7. Membersihkan tumpahan minyak goreng

Taburkan tepung di atas tumpahan minyak lalu gosok. Minyak akan mudah lepas dan hilang. Tepung dapat meresap minyak dan mencegah pula menjalar ke tempat lain. Jangan coba membersihkan dengan serbet atau kain karena tumpahan minyak akan melebar kemana-mana. Ooops!









8. Agar minyak tidak muncrat saat menggoreng

Masukkan satu irisan jeruk nipis pada minyak yang sudah panas, lalu masukkan bahan yang ingin digoreng misalnya ikan. (wah! Bener ga yah? Saya belum pernah coba yang ini! Buat readers yang sudah mencoba, boleh banget loh share-share pengalamannya di 'comment'!)






9. Agar kue kering awet dan renyah

Sangrai tepung dengan selembar daun pandan sampai daun pandan berubah warna dan kering. Ayak terigu. Kemudian gunakan seperti biasa.









Salam hangat,
Irene

1 comment:

butterfly said...

Halo Admin http://natsliving.blogspot.com

Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://natsliving.blogspot.com
Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan.
Dan kami akan menampilkan link http://natsliving.blogspot.com di halaman Vemale.com: hhttp://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur, sesuai dengan kategori tips dapur.

Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

Terima kasih atas kerjasamanya :)
Salam,

-- Humas Vemale.com
Ari Rahmawati